KAWASAN INDUSTRI: Surya Semeseta Ekspansi Lahan 1.500 Ha Di Bekasi & Karawang

Fathia Qanitat
Minggu, 20 Januari 2013 | 11:59 WIB

JAKARTA—PT Surya Semesta Internusa Tbk (SSIA)—pengembang lahan industri di kawasan Karawang dan Bekasi telah menyiapkan penambahan 1.500 ha lahan baru dengan nilai investasi mencapai Rp600 miliar tahun ini.

Presiden Direktur SSIA Johannes Suriadjaja merincikan lahan seluas 1.000 ha akan ditambah di Karawang dengan invesatasi sebesar Rp300 miliar, dan 500 ha lainnya di Bekasi dengan nilai investasi yang sama.

“Dalam akhir tahun ini, jumlah lahan di Karawang akan mencapai 2.400 ha, dan di Bekasi mencapai 800 ha,” tuturnya saat dihubungi Bisnis hari ini, Minggu (20/1/2013).

Dia menjelaskan development cost pada kavling yang dijual untuk lahan-lahan tersebut berada pada kisaran Rp200.000-300.000 per meter persegi. Biaya tersebut termasuk pengembangan infrastrukturnya.

Diperkirakan, lanjutnya, harga jual lahan di Karawang tahun ini mencapai US$135 per meter persegi. Harga tersebut mengalami kenaikan dari harga lahan tahun lalu sekitar US$100 per meter persegi. Sementara lahan industri di Bekasi, diperkirakan baru akan beroperasi pada 2015.

“Harga lahan industri di Bekasi tahun ini mencapai Rp1,5 juta per meter persegi, dan akan terus  mengalami kenaikan. Apalagi ada peluang industri yang berjalan di Sunter akan pindah lokasi karena bencana banjir,” ujarnya.

Tinggalkan komentar

Filed under Ekonomi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s