Pemerintah ngotot tidak akan turunkan bea keluar CPO

Thu, 17 Jan 2013 11:00:10 GMT | By Merdeka Uang News Feed

MERDEKA.COM

Pemerintah berkeputusan untuk tidak akan menurunkan bea keluar minyak kelapa sawit (crude palm oil (CPO) meski negara tetangga Malaysia telah menurunkannya. Krisis dunia yang tengah terjadi membuat harga komoditi CPO ini terpukul dan penurunan bea keluar dimaksudkan untuk menjaga daya saing Indonesia.

Menteri Perdagangan Gita Wirjawan mengatakan pihaknya tidak menurunkan bea keluar komoditi ini dan tetap konsisten untuk melakukan hilirisasi. Penambahan nilai komoditi diyakini bermanfaat untuk jangka panjang dibandingkan hanya dengan menurunkan bea keluar.

“Kita konsisten ini walau Malaysia sudah menyikapi, kita tidak akan (turun bea keluar) dulu untuk sementara karena kita mendukung hilirisasi,” ujarnya saat ditemui di kantor Kementerian Koordinator Perekonomian, Jakarta, Rabu (16/1).

Sebelumnya, memang Gita berjanji mempertimbangkan penurunan bea keluar minyak sawit mentah (crude palm oil/CPO) untuk menjaga pasar utama CPO Indonesia yang tengah direbut Malaysia.

Dia mengakui apabila penurunan BK CPO Malaysia tidak segera disikapi oleh pemerintah Indonesia, pihaknya khawatir Indonesia akan kehilangan pasar CPO di India dan Pakistan. “Kalau pemerintah tidak melakukan adjustment, kita akan kalah dengan Malaysia, ” katanya.

Seperti diketahui, Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) mendesak pemerintah segera menurunkan BK CPO untuk menjaga daya saing produk CPO Indonesia. “CPO di Malaysia pajaknya diturunkan, tinggal 4,5-8 persen. Ini mesti dicermati oleh Indonesia, kita masih 7,5 sampai 20 persen,” kata Sekretaris Jenderal GAPKI Joko Supriono.

Tinggalkan komentar

Filed under Ekonomi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s