Produsen Platinum Terbesar di Dunia Pecat 14 Ribu Karyawan

Fiki Ariyanti
Posted: 16/01/2013 07:28

Liputan6.com, Johannesburg : Anglo American Platinum (Amplats), produsen platinum terbesar di dunia, berencana memecat 14 ribu pegawainya.Hal ini dilakukan menyusul penurunan produksi pada tambang milik perseroan di Afrika Selatan.Seperti dilansir dari Reuters, Rabu (16/1/2013), Amplats akan mengurangi seperlima produksi platinum atau sekitar 400 ribu ounces. Sementara harga platinum naik 1,6% atau melampaui harga emas untuk kali pertamanya dalam 10 bulan terakhir.

Mendengar kabar ini, pemimpin Partai Buruh Amplats langsung bereaksi dengan mengancam mogok kerja di seluruh wilayah operasi di Afrika Selatan. “Jika mereka melakukan perawatan dan pemeliharaan, kami akan mogok,” kata pimpinan buruh, Evans Ramongka, Amerika Serikat.

Aksi mogok massal ini dapat membuat operasional pertambangan lumpuh total. Bahkan bisa menyebabkan aksi anarkis, seperti kekerasan yang diperburuk dengan perbedaan pendapatan serta upah yang rendah.

Jika 14 ribu karyawan jadi di PHK, maka mewakili sekitar 3% dari angkatan kerja di tambang Afrika Selatan dan semakin membuat beban pemerintah bertambah dengan kenaikan angka pengangguran lebih dari 25%.

CEO Amplats, Chris Griffith, kebijakan pengurangan pegawai itu dilakukan untuk menyelamatkan perusahaan.

“Kami harus berkembang untuk menyelaraskan bisnis dengan tujuan jangka panjang yang mengalami dinamika serta perubahan struktural,” ucap dia.

Afrika Selatan merupakan ladang cadangan platinum yang mencapai 80%. Namun tekanan pada upah tenaga kerja dan harga logam membuat industri pertambangan platinum berada pada situasi tidak menguntungkan. Selain pengurangan pegawai, Amplats juga bakal melepas saham pada tambang platinum Union.

Tinggalkan komentar

Filed under Ekonomi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s