BPE Ajukan Pengambilalihan Pengelolaan 132 Sumur tua di Blora

Maulana
Rabu, 16 Jan 2013 – 09:06:58 WIB

SatuNegeri.com – PT Blora Patra Energi (BPE) yang merupakan Badan Usaha Milik Daerah (Pemkab) Blora telah mengajukan izin pengambilalihan pengelolaan 132 sumur tua yang pernah dikelola Koperasi Karyawan Pertamina Patra Karya (Kokapraya) Pertamina Eksplorasi dan Produksi (EP) Cepu.

Pelaksana Tugas (Plt) PT BPE, Christian Prasetya optimis, izin pengelolaan tersebut akan keluar, meskipun saat ini penerbitan izin tesebut masih dalam proses. “Semoga semuanya lancar. Dan mudah-mudahan pada Februari nanti izinnya sudah keluar,” ujarnya.

Menurut Christian Prasetya segala persyaratan berkas perizinan pengambilalihan pengelolaan sumur kepada PT BPE sudah dipenuhi. “Kami tinggal menunggu terbitnya keputusan izin pengambilalihan sumur tersebut,” tandasnya.

Keoptimisan Chrisian bukannya tanpa alasan, karena menurutnya, BUMD PT BPE merupakan satu-satunya pihak yang mengajukan izin pengambilalihan pengelolaan sebanyak 132 sumur tua eks Kokapraya tersebut. Karena itu dia menyebutkan pemerintah tentu akan memberikan izin kepada pihak yang mengajukan izin.

Dengan dikelolanya sumur tua oleh BUMD nanti diharapkan akan segera dapat meningkatkan PAD Blora dari sektor minyak dan gas. Selain itu akan dapat menyerap tenaga kerja dari penduduk lokal Blora.

Sesuai ketentuan Peraturan Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Nomor 01 Tahun 2008 disebutkan bahwa BUMD dan KUD diberi kesempatan mengelola sumur minyak tua. Izin pengelolaan sumur tua oleh Kokapraya telah berakhir 31 Desember 2011.

Namun sumur tersebut selanjutnya dikerjasamakan pengelolaanya oleh Pertamina EP dengan UPN Veteran Yogyakarta hingga 31 Desember 2012. Sumur tersebut sebagian diantaranya berada di kawasan Ledok, Kecamatan Sambong.

Tinggalkan komentar

Filed under Minyak & Gas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s