PT Trada Maritime Raih Kontrak Batubara

Haryo Damardono | Selasa, 15 Januari 2013 | 22:19 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com– PT Trada Maritime Tbk (Perseroan) pada tanggal 11 Januari 2013 telah menandatangani Nota Kesepahaman sekaligus kontrak tahap 1 kerja sama transhipment dengan PT Gunung Bara Utama (GBU), perusahaan batubara berlokasi di Damai, Kutai Barat, Kalimantan Timur.

“Nota Kesepahaman tersebut merupakan landasan awal bagi Perseroan atas pengadaan dan pengoperasian 40 set kapal tongkang dan tunda batubara untuk keperluan pengangkutan batubara GBU selama jangka waktu 10 tahun ke depan. Perseroan memperkirakan total nilai nota kesepahaman tersebut tidak kurang dari 750 juta dollar AS dengan nilai investasi sekitar 200 juta dollar AS,” kata Danny De Mita, Direktur Utama Trada Maritime, Selasa (15/1/2013) di Jakarta.

Sementara kontrak yang ditandatangani adalah untuk 10 unit tahap 1 yang akan mulai dioperasikan awal bulan Mei 2013 ini. Saat ini, Perseroan telah menerima pengiriman 5 set tongkang dan tunda, dan dalam waktu dekat akan menerima tambahan 5 set tambahan. Dengan demikian, Perseroan berkeyakinan bahwa target pengoperasian 10 set pada awal bulan Mei 2013 akan tercapai.

Untuk jangka waktu 2 tahun hingga 4 tahun kedepan, Trada akan terus melakukan pengadaan tambahan 30 unit set tongkang dan tunda yang baru untuk keperluan GBU sesuai dengan Nota Kesepahaman yang telah ditandatangani. Pengadaan akan dilakukan secara bertahap dengan pendanaan dari internal perusahaan maupun perbankan.

Trada sangat optimis bahwa rencana ini akan memperkuat segment curah kering (dry bulk) karena pada pertengahan tahun ini harga batubara dunia yang diperkirakan dapat kembali naik menjadi sekitar  100 dollar AS per ton.

Tinggalkan komentar

Filed under Ekonomi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s