Pertamina Tower Setinggi 400 Meter Sudah Disiapkan 6 Tahun Lalu

Suhendra – detikfinance
Jumat, 07/12/2012 14:35 WIB

Jakarta – Rencana pembangunan gedung pencakar langit setinggi 400 meter, dengan 80 lantai oleh PT Pertamina (Persero) sudah lama ‘diendus’ oleh para konsultan properti. Kabarnya proyek ini sudah disiapkan sejak 6 tahun lalu.Menurut CEO Leads Property Hendra Hartono, rencana Pertamina ingin membangun gedung tinggi sebagai kantor pusat mereka merupakan hal yang wajar. Hendra melihat, Pertamina Tower akan digunakan sendiri oleh perseroan dan anak-anak usahanya.

“Soal Pertamina Tower itu sudah lama, setidaknya 6 tahun lalu. Sudah lama mereka ingin punya gedung itu, kalau sekarang mulai direalisasikan karena ekonomi Indonesia terus membaik, itu nggak heran,” kata Hendra kepada detikFinance, Jumat (7/12/2012)

Hendra menambahkan rencana lokasi pembangunan Pertamina Tower di Jalan Rasuna Said, Kuningan Jakarta sangat tepat. Kawasan tersebut merupakan pusat perkantoran grade A, karena masuk kawasan Segitigas Emas, Jakarta.

“Ini juga kebanggan buat mereka, itu wajar-wajar saja, kita tahu di Malaysia ada Petronas Tower,” katanya.

Ia juga mengatakan selain Pertamina, ada beberapa BUMN lainnya yang menyiapkan gedung-gedung pencakar langit serupa. Sebelumnya sempat ada kabar Adhi Karya akan membangun tower 100 lantai, walaupun akhirnya dibatalkan, lalu ada PT Rajawali Nusantara Indonesia (RNI) mau membangun tower.

“Ini juga sebagai simbol, banyak BUMN lainnya juga membuat gedung mereka masing-masing,” katanya.

Rencana pembangunan gedung pencakar langit milik PT Pertamina (Persero), atau Pertamina Tower mendapat dukungan penuh Presiden SBY. Bahkan orang nomor satu di Indonesia itu meminta agar pembangunan menara selesai dalam waktu 18 bulan atau 1,5 tahun.

“Sesuai arahan Presiden SBY, presiden meminta penyelesaian proyek ini selama 18 bulan,” kata Dirut Pertamina Karen Agustiawan.

Pertamina Tower akan dibangun dikawasan Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, mencakup 80 lantai dengan biaya US$ 850 juta atau kurang lebih Rp 8 triliun.

Pertamina Tower nantinya akan menjadi pusat bisnis, pameran dan lainnya, juga akan mengintegrasikan seluruh anak perusahaan Pertamina yang saat ini tersebar lokasi kantornya.

Menara tersebut akan menjadi icon dan representasif PT Pertamina untuk menuju sebagai perusahaan oil company dengan visi World Class Energy Company dan Asia Energy Champion pada 2025.

Tinggalkan komentar

Filed under Minyak & Gas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s