PASOK GAS: Pertamina Bangun 7 SPBG, Rp447 Miliar Disiapkan

Riendy Astria
Selasa, 15 Januari 2013 | 16:00 WIB

JAKARTA–Pertamina akan membangun stasiun pengisian bahan bakar gas (SPBG) dengan anggaran senilai Rp447 miliar pada 2013.

Dengan anggaran itu, Pertamina hanya bisa menjanjikan tujuh pembangunan SPBG. Padahal, pemerintah menargetkan akan ada sekitar 33 SPBG tahun ini.

Direktur Gas Pertamina Hari Karyuliarto mengatakan sudah mengusulkan anggaran SPBG kepada pihak Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Namun, jika anggaran untuk pembangunan SPBG hanya sekitar Rp447 miliar, maka diperkirakan hanya bisa membangun sekitar tujuh SPBG.

“Kalau mau digunakan untuk SPBG, maka di dalam rencana kita itu, paling tidak hanya 3 SPBG mother station dan daughter station, 4 SPBG Online. Iya cuma bisa tujuh, soalnya Pertamina kan tahunya terbatas Rp447 miliar itu,”kata Hari, Selasa (15/1/2013).

Ketiga SPBG yang dibangun Pertamina dengan dana APBN tersebut direncanakan berlokasi di Cililitan, Jakarta Timur, Pulogadung, Jakarta Timur, dan Kalideres, Jakarta Barat. Pemerintah berencana lebih menggalakkan pemanfaatan bahan bakar gas (BBG) pada 2013.

Selain SPBG yang dibangun Kementerian ESDM dan Pertamina, pemerintah akan menyediakan converter kit melalui Kementerian Perindustrian.

Tinggalkan komentar

Filed under Minyak & Gas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s