‘New Tanjung Priok’ Tahap I Mulai Dibangun, Beroperasi Akhir 2014

Detikfinance  Dewi Rachmat Kusuma
Selasa, 15/01/2013 12:43 WIB

Jakarta – PT Pengembangan Pelabuhan Indonesia selaku anak perusahaan PT Pelindo II siap untuk merealisaikan pembangunan pelabuhan ‘New Tanjung Priok’ tahap I atau Pelabuhan Kalibaru.Direktur Utama PT Pengembangan Pelabuhan Indonesia Dani Rusli mengaku, saat ini proses pembangunan tersebut dalam tahap penyiapan konstruksi untuk pembuatan struktur dan matras bambu untuk fondasi.

Menurut Dani, awal minggu depan, pihaknya akan mulai memasang alat pancang untuk dermaga dan jembatan.”Yang pertama persiapan pembuatan struktur bambu dan matras bambu untuk fondasi, sekarang lagi diinstal. Sudah mulai jalan, kita lagi mobilisasi mudah-mudahan awal minggu depan alat pancang sudah siap dan sudah mulai dipasang untuk dermaga dan jembatan.” ujarnya saat ditemui detikFinance, di kantor Pelindo II, Tanjung Priok, Jakarta, Selasa (15/1/13).

Ia menargetkan penyelesaian sebagian terminal pertama bisa dioperasikan pada akhir tahun 2014. “Kami harapkan sebagian terminal pertama bisa dioperasikan akhir tahun 2014. Terus sebagian lagi kita akan bertahap selesaikan mulai 2014 sampai akhirnya 2017,” kata dia.

Sementara itu, estimasi anggaran pembangunan pelabuhan tahap 1 membutuhkan biaya hingga Rp 2,3 Triliun. “Tapi untuk infrastruktur sendiri sekitar Rp 11-13 Triliun sampai 2017. Sumber pendanaan prinsipnya kita tidak menggunakan dana APBN dan dana pemerintah, dana awalnya internal IPC, terus kita melakukan pinjaman kepada mitra bank,” paparnya.

Tinggalkan komentar

Filed under Ekonomi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s