PANAS BUMI: Pemerintah Dorong Keluar Dari Kategori Pertambangan

Geothermal

Foto: whitewashdesign.deviantart.com

Bisnins.com  Lili Sunardi
Senin, 14 Januari 2013 | 19:13 WIB

JAKARTA: Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mendorong agar kegiatan pemanfaatan panas bumi dikeluarkan dari kategori pertambangan untuk menjaga iklim industri panas bumi sebagai energi alternatif.

Djadjang Sukarna, Sekretaris Ditjen Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian ESDM mengatakan pihaknya terus berupaya melakukan harmonisasi regulasi yang terkait dengan pemanfaatan panas bumi.

Salah satunya mengajukan revisi UU No. 27/2003 tentang panas bumi untuk memisahkan pemanfaatan panas bumi dari kegiatan pertambangan.

“Sudah masuk Prolegnas [program legislasi nasional] tahun ini revisinya . pemanfaatan panas bumi ini kan tidak merusak lingkungan, karena hanya mengambil di titik-titik tertentu,” katanya, Senin (14/1/2013).

Dia mengungkapkan revisi UU No. 27/2003 juga dilakukan bersamaan dengan revisi UU konservasi hutan yang dilakukan Kementerian Kehutanan.

Hal itu dilakukan untuk mengakomodir pemanfaatan lokasi panas bumi dan energi terbarukan lainnya yang sebagian besar berada di wilayah hutan konservasi.

Seperti diketahui, dalam Pasal 1 UU 27/2003 panas bumi didefinisikan sebagai sumber energi panas yang terkandung di dalam air panas, uap air, dan batuan bersama mineral ikutan dan gas lainnya yang secara genetik semuanya tidak dapat dipisahkan dalam suatu sistem panas bumi dan untuk pemanfaatannya diperlukan proses penambangan.

Kemudian dalam rancangan undang-undang panas bumi yang diajukan pemerintah disebutkan panas bumi adalah sumber energi panas yang terkandung di dalam air panas, uap air, dan batuan bersama mineral ikutan dan gas lainnya yang secara genetik tidak dapat dipisahkan dalam suatu sistem panas bumi.

Tinggalkan komentar

Filed under Energi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s