BLOK MIGAS: Pemprov Riau Bertekad Kelola Blok Siak

Bisnis.com Nurbaiti
Senin, 14 Januari 2013 | 20:06 WIB

SIAK – Pemerintah Provinsi Riau berkeinginan kuat mengambilalih pengelolaan Blok Siak dari PT Chevron Pacifik Indonesia yang akan berakhir kontraknya pada November 2013 untuk dikembalikan kepada perusahaan milik daerah.

Gubernur Riau Rusli Zainal mengatakan pihaknya tengah menyiapkan berbagai strategi untuk mendapatkan hak pengelolaan Blok Siak yang memiliki kapasitas produksi sekitar 2.000 barel per hari.

“Kami berharap bisa mendapatkan 100% kepemilikan Blok Siak. Pembicaraan dengan pemerintah terus dilakukan supaya daerah bisa mendapatkan hasil yang maksimal dengan keberadaan blok migas ini,” ujarnya di sela Peresmian Injeksi Perdana uji Coba Lapangan Surfaktan Minas, hari ini (14/1).

Dia mengatakan Pemprov Riau telah mengajukan permintaan pengelolaan blok migas itu kepada pemerintah pusat sejak tahun lalu. Selain itu, daerah juga siap berdiskusi dengan SKK Migas dan Kementerian ESDM mengenai hak pengelolaan blok Siak.

Menurut Rusli, Pemprov Riau bersama BUMD memiliki kemampuan untuk mengelola sendiri blok migas yang ada di daerah Riau.

Sebagai contoh, PT Sarana Pembangunan Riau (SPR) sebagai BUMD migas berhasil menjadi operator tunggal dan mengembangkan Blok Langgak yang beroperasi di Kabupaten Rokan Hulu dan Kampar. Blok migas yang saat ini dikembangkan SPR juga sebelumnya dikelola oleh Chevron.

“ Blok Slak sudah puluhan tahun oleh dikelola Chevron, kini saatnya diserahkan kembali kepada masyarakat Riau. SPR bisa menjadi BUMD pertama yang mempunyai 100% kepemilikan blok migas,” katanya.

Tinggalkan komentar

Filed under Minyak & Gas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s