Ada Pembangkit Listrik Minihidro di NTB, PLN Hemat BBM

electricity

Foto: balkaneu.com

Analisa | Senin, 14 januari 2013

Jakarta – PLN meresmikan Pembangkit Listrik Tenaga Minihidro (PLTM) Kokok Putih di Nusa Tenggara Barat (NTB). PLTM berdaya 2×2 megawatt (MW) terletak di Desa Bilok Petung Kecamatan Sembaluh Lotim NTB.Direktur Operasi PLN Indonesia Timur Vickner Sinaga mengatakan dengan adanya PLTM ini, PLN akan menghemat pemakaian BBM.”Konsumsi solar untuk pembangkit listrik di NTB ini mencapai 96%.Sampai akhir tahun ini harus bisa dikurangi hingga setengahnya” tegas Vickner Sinaga saat memberikan arahan pada peresmian PLTM Kokok Putih, Jumat (11/01).

Hadirnya PLTM pada sistem kelistrikan di Wilayah NTB khususnya di Pulau Lombok merupakan salah satu usaha untuk mengurangi konsumsi BBM/solar, yang saat ini mencapai Rp 3.200/kWh, dengan harga BBM mencapai Rp 9.000/liter dan ongkos angkut mencapai Rp 120,95/liter.

Tercatat, selama 2012, PLN Wilayah NTB telah menyelesaikan beberapa proyek pembangkitlistrik swasta atau IPP (Independent Power Producer) dari energi terbarukan yang dibangun oleh pengembang, antara lain PLTMH Sesaot, Lobar (1 MW) dan Cakaranegara, Mataram (0,6 MW) oleh pengembang PT Tirta Daya Rinjani dan PLTM Kokok Putih Lotim (3,8 MW) oleh PT Nusantara Indo Energy. Ketiga PLTM tersebut dikelola oleh IPP dengan harga beli energi oleh PLN Wilayah NTB sebesar Rp 852,8/kWh (Peraturan kementerian ESDM No. 4 tahun 2012).

Lebih lanjut Vickner mengatakan, bahwa untuk Energi Baru dan Terbarukan (EBT), yaitu PLTM/PLTMH bukan hal baru bagi sistem kelistrikan PLN Wilayah NTB. Sebelumnya terdapat PLTMH Pengga 0,3 MW di Lombok Tengah; PLTMH Mamak 0,4 MW di Sumbawa; PLTMH Narmada 0,05 MW di Lombok Barat, dan PLTMH Kukusan 0,2 MW Lombok Timur.

Tinggalkan komentar

Filed under Energi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s