WIKA akan garap aspal terbaik dunia

Senin, 7 Januari 2013 15:49:06
Bisnis.com  Idris Rusadi Putra

PT Wijaya Karya Tbk (WIKA) bekerja sama dengan Sarana Karya berencana akan menggarap aspal terbaik di dunia. Aspal ini disebut hanya ada tiga di dunia, yaitu di Amerika, Kanada dan Indonesia. Di Indonesia, aspal ini terdapat di Lawele, Buton, Sulawesi.

Sekretaris Perusahaan Wijaya Karya Natal Argawan menyebut kualitas aspal ini sangat bagus seperti kualitas aspal landasan pacu pesawat dan aspal balap Formula 1 (F1).

“Di Indonesia aspalnya juga sudah naik dari perut bumi, sudah di atas. Tidak perlu mengebor lagi. Aspal itu naik dari permukaan bumi dan terperangkap di bebatuan. Aspal ini sangat bagus seperti jalan balapan F1,” ucapnya dalam media gathering di Jakarta, Senin (7/1).

Dia mengatakan, proyek aspal ini adalah aspal konsesi Sarana Karya. Jika akuisisi Sarana Karya berjalan lancar, lanjut dia, maka pengembangan dan pengolahan aspal ini akan dikelola WIKA. Namun, dia belum bisa memastikan anak usaha mana nantinya akan melakukan ini.

“Ini sekarang masih di induk usaha, kita belum tentukan mana yang akan mengelola,” tambahnya.

Perseroan juga telah menyediakan dana Rp 250 miliar untuk membangun pabrik di daerah Buton tersebut. Pabrik ini nantinya akan memproduksi 50.000 metrik ton aspal per tahunnya.

“Sudah kita beli. Kita sedang matangkan desain pabrik 2013 ini ground breaking. Produksi aspal 2015,” ucapnya.

Nantinya aspal ini akan digunakan untuk membangun jalan dalam negeri melalui Kementerian Pekerjaan Umum. “Kita jual ini ke nasional, ke PU. Di PU kan ada standar aspal nasional. Kita didorong kementerian PU memakai aspal nasional memperkuat bidang bina marga,” tutupnya.

Tinggalkan komentar

Filed under Ekonomi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s