ENERGI TERBARUKAN: Sejumlah Sumber Energi Bakal Dilelang

Bisnis.com  Lili Sunardi
Minggu, 13 Januari 2013 | 14:35 WIB

JAKARTA -Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) akan melelang sejumlah titik sumber energi bersih dan terbarukan untuk mengejar target 17% dari total bauran energi nasional pada 2025 seusia amanat Peraturan Presiden  No. 5/2006 tentang Kebijakan Energi Nasional.

Sekretaris Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konversi Energi  (EBTKE) Djadjang Sukarna mengatakan pada 2013 pihaknya akan melelang enam wilayah kerja pertambangan (WKP) panas bumi dengan total potensi 350 mega watt (MW) dan investasi sekitar US$1,05 miliar.

“Lelang 2013 untuk mengoptimalkan penggunaan energi terbarukan demi menghemat anggaran dan menciptakan ketahanan energi serta mencapai target 17% seperti dalam Perpres No. 5/2006,” katanya saat dihubungi di Jakarta, Minggu (13/1/2013).

Keenam WKP yang akan di lelang itu adalah WKP panas bumi Gunung Lawu di Jawa Tengah-Jawa Timur 1 X 55 MW, Danau Ranau di Sumatera Selatan-Lampung 2 X55 MW, Mataloko di Nusa Tenggara Timur 1 X 2,5 MW, Songa Wayaua di Maluku Utara 1 X 5 MW, Simbolon Samosir di Sumatera Utara 2 X55 MW, dan Way Ratai di Lampung 1 X 55 MW.

Pelelangan 6 WKP panas bumi itu sendiri akan dilakukan setelah pemerintah menuntaskan revisi Peraturan pemerintah (PP) No 59/2007 tentang kegiatan usaha panas bumi. Pasalnya, dalam revisi itu nantinya pemenang lelang tidak lagi ditentukan berdasarkan harga penawaran, melainkan dari program dan komitmen perusahaan dalam mengembangkan panas bumi.

Tinggalkan komentar

Filed under Energi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s