Dahlan setuju WIKA bangun pabrik beton di Gresik

Selasa, 8 Januari 2013 11:20:00
Bisnis.com  Idris Rusadi Putra

Menteri BUMN Dahlan Iskan memberikan lampu hijau kepada PT Wijaya Karya (WIKA) untuk membuat pabrik beton di Gresik, Jawa Timur bekerja sama dengan PT Garam. PT Garam mempunyai lahan sekitar 280 hektar yang saat ini tidak dipergunakan.

“WIKA kita izinkan kerja sama dengan PT Garam. Untuk bikin pabrik dan kawasan industri di lahan PT Garam. Untuk pabrik nanti akan digunakan 30-50 hektar untuk menjadi pabrik beton dan industri listrik,” ungkap Dahlan kepada wartawan di Kantor Wijaya Karya, Jakarta, Selasa (8/1).

Menurut Dahlan, saat ini pabrik beton WIKA telah mengalahkan pabrik beton di Asia Tenggara. Pabrik beton WIKA telah mengalahkan pabrik beton di Malaysia dan Thailand. Dengan adanya pabrik ini, nantinya WIKA akan menjadi lebih besar. Kapasitas pabrik ini akan bisa memproduksi 400.000 ton beton per tahun.

“Selama ini pabrik beton WIKA sudah penuh yang di Japanan, Pasuruan. Kebutuhan beton terus naik. Kalau tidak ekspansi nanti bisa bisa Indonesia kekurangan beton. Produksi beton pada tahap awal pabrik ini bisa mencapai 200.000 ton per tahun. Nanti bisa dikembangkan 400.000 ton,” jelas dia.

Pengembangan lahan PT Garam ini bukan hanya dengan pendirian pabrik, namun juga pelabuhan. Pabrik beton ini akan memenuhi kebutuhan konsumen Indonesia bagian Timur yang banyak.

“PT Garam tidak tahu lahan ini mau diapakan, sudah tidak cocok lagi untuk jadi garam. Dan WIKA punya kemampuan untuk investasi itu. Laba mereka tahun 2012 naik dua kali lipat,” tegasnya.

Dahlan menyebut, WIKA adalah perusahaan yang sangat besar dan akan terus berkembang. Setelah mendirikan pabrik di Gresik, nantinya WIKA juga direncanakan akan membangun pabrik di Banten Utara untuk memenuhi kebutuhan pasar Indonesia bagian barat.

“PP dan Adhi Karya jadikan satu masih belum bisa mengalahkan WIKA. Beton salah satu andalannya,” tutup Dahlan.

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under Ekonomi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s