PLTU BIOMASSA: GSG Kembangkan Bahan Bakar Sawit & Sekam Padi

Bisnis.com  Lili Sunardi
Jum’at, 11 Januari 2013 | 16:13 WIB

JAKARTA: Growth Steel Growth (GSG) terus mengembangkan bisnis pembangkit listrik tenaga uap biomassa (PLTU-Biomassa) yang berbahan bakar cangkang sawit, sekam padi dan jenis biomassa lainnya seiring perbaikan harga listrik.

Rencananya, dalam waktu dekat GSG akan kembali mengoperasionalkan PLTU-Biomassa di Simalungun dan Jambi. Kapasitasnya pun akan sama dengan PLTU-Biomassa di Medan yang memiliki kapasitas 4 x 15 mega watt (MW).

“GSG akan menyelesaikan proyek sejenis [ dengan PLTU-Biomassa di Medan] di Simalungun, Jambi, Palembang, Cilegon dan Pontianak.

Seluruh proyek ini akan beroperasi pada 2013 ini,” kata Business Development GSG Jonatan Handojo saat dihubungi di Jakarta, Jumat (11/1/2013).

Meski pembangunan PLTU-Biomassa bukanlah bisnis utama GSG, perusahaan akan melanjutkan industri listrik karena telah merasakan nikmatnya menjual listrik kepada PT Perusahaan Listrik Negara (Persero).

Apalagi saat ini GSG telah memiliki prasarana, sumber daya manusia dan teknologi penunjang untuk mengembangkan PLTU-Biomassa.

Sayangnya, Jonatan enggan merinci berapa pendapatan yang dihasilkan dari penjualan listrik miliknya itu ke PLN. Dia hanya menegaskan perusahaan telah menyiapkan investasi sebesar US$900.000 untuk setiap MW PLTU – Biomassa.

“Karena sebagian besar peralatan PLTU-Biomassa ini buatan GSG sendiri, maka nilai investasinya berikut tanah dan bangunan hanya US$ 900.000 per MW,” jelasnya.

Tinggalkan komentar

Filed under Energi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s