LISTRIK: Jero Wacik Resmikan PLTP Kamojang 5

Sabtu, 12 Januari 2013 | 14:11 WIB
Bisnis.com  Riendy Astria

GARUT:  Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Jero Wacik meresmikan peletakan batu pertama pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Unit 5 Kamojang dengan kapasitas 30 mega watt (MW).

Peresmian kedua proyek tersebut ditandai dengan penandatanganan prasasti yang dilakukan di Gedung Dipa Bramanta Kantor PGE Area Kamojang oleh Menteri ESDM Jero Wacik yang didampingi Direktur Hulu Pertamina Muhammad Husen.

PLTP Unit 5 Kamojang yang dikelola oleh Pertamina Geothermal Energy (PGE) merupakan pengembangan dari 4 unit PLTP yang sudah ada. Adapun kapasitas terpasang 4 PLTP tersebut saat ini 200 MW. Pembangkit PLTP Unit 5 Kamojang ditargetkan mulai beroperasi pada akhir 2014.

“Kami minta agar Pertamina cepat, kalau bisa cepat Kamojang unit 6, unit 7, dan seterusnya,” kata Wacik usai penandatanganan prasasti, Sabtu (12/1). Adapun harga jual beli listriknya sekitar US$8 sen per kWh.

Direktur Hulu Pertamina M Husen mengatakan Pertamina akan terus berkomitmen untuk terus mengembangkan energi baru terbarukan. “Ini akan ada tambahan 30 MW pada akhir 2014,” kata Husen.

Adapun lokasi PLTP Unit 5 Kamojang berdampingan dengan lokasi PLTP Unit 4 Kamojang dengan lahan seluas 3.85 Ha, yang terletak 42 km sebelah Tenggara Kota Bandung atau 23 sebelah Barat Laut kota Garut.

Tinggalkan komentar

Filed under Energi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s