Dua Proyek Panas Bumi Pertamina Diresmikan

Sabtu, 12 Januari 2013 | 17:08 WIB
TEMPO.CO

Jakarta – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Jero Wacik hari ini meresmikan pembangunan pembangkit listrik panas bumi (PLTP) Unit 5 Kamojang serta pengembangan lapangan panas bumi Lahendong. Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti di Gedung Dipa Bramanta, Kamojang, oleh Jero Wacik dan Direktur Hulu PT Pertamina (Persero) Muhammad Husen.

PLTP Unit 5 Kamojang yang dikelola oleh Pertamina Geothermal Energy merupakan pengembangan dari empat unit PLTP, yang memiliki kapasitas terpasang 200 MW. Pembangkit tersebut direncanakan mulai beroperasi pada akhir 2014 dan akan menambah kapasitas terpasang sebesar 30 MW. Sedangkan pengembangan lapangan panas bumi Lahendong untuk memasok uap ke PLTP Unit 4 Lahendong.

“Dua proyek dari Pertamina Geothermal Energy ini merupakan bagian dari tekad Pertamina untuk mengoptimalkan pemanfaatan energi terbarukan, terutama yang bersumber dari panas bumi,” kata Husen hari ini, Sabtu, 12 Januari 2013.

PLTP Unit 5 terletak berdampingan dengan PLTP Unit 4 Kamojang di lahan seluas 3,85 hektare. Kedua pembangkit ini terletak di 42 kilometer sebelah tenggara Kota Bandung atau 23 sebelah barat laut Kota Garut. Pembangkit pertama di Kamojang mulai beroperasi pada 1982 dengan kapasitas sebesar 30 MW.

Terkait dengan pengembangan lapangan panas bumi Lahendong, Pertamina Geothermal Energy berharap pengembangan ini bisa memasok uap ke PLTP Unit 4 Lahendong, yang telah dioperasikan PT PLN (Persero) dengan kapasitas terpasang 20 MW.

Pertamina Geothermal Energy merupakan anak perusahaan Pertamina yang mengelola 14 wilayah kerja panas bumi, yang tersebar di Pulau Sumatera, Jawa, Bali, dan Sulawesi. Pertamina Geothermal Energy saat ini menghasilkan listrik sebesar 402 MW, yang berasal dari lapangan panas bumi Kamojang, Lahendong, dan Sibayak.

Tinggalkan komentar

Filed under Energi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s