HILIRISASI TAMBANG: 30 Perusahaan Siap Bangun Smelter

Bisnis.com Lili Sunardi
Kamis, 10 Januari 2013 | 18:08 WIB

JAKARTA – Ada 30 perusahaan anggota Kamar Dagang dan Industri siap membangun smelter untuk mendukung program hilirisasi sektor pertambangan dan meningkatkan nilai tambahnya di dalam negeri.

Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia bidang Industri, Riset dan teknologi Bambang Sujagad mengatakan Kadin selama ini sangat mendukung program hilirisasi sektor pertambangan yang dilaksanakan pemerintah. Buktinya, telah ada 30 perusahaan dari Kadin yang telah menyatakan komitmennya untuk membangun smelter di dalam negeri.

“Ada 30 perusahaan yang telah siap membangun smelter itu dari berbagai sektor mineral dan tersebar di seluruh Indonesia. Jadi bisa dibilang Kementerian ESDM [Energi dan Sumber Daya Mineral] kalah cepat dengan kami dalam hal ini,” katanya di Menara Kadin, Jakarta, Kamis (10/1/2013).

Untuk memuluskan rencana pembangunan smelter itu, Kadin bahkan telah meminta PT Perusahaan Listrik negara menyediakan listrik dengan total kapasitas 17.000 mega watt (MW). Dengan demikian, smelter yang telah dibangun dapat langsung beroperasi mengolah bijih mineral sesuai ketentuan yang ditetapkan pemerintah.

Bambang mengungkapkan pihaknya hanya tidak sepakat dengan kebijakan pemerintah yang mengharuskan adanya persetujuan Direktorat Jenderal Mineral Batu Bara (Ditjen Minerba) Kementerian ESDM untuk kerja sama pembangunan pemurnian bagi pemegang IUP Operasi Produksi dan IUPK Operasi Produksi yang dinilai tidak ekonomis melakukan pengolahan sendiri.

Kadin juga meminta pemerintah ikut berpartisipasi dalam mendorong pembangunan smelter di dalam negeri dengan melakukan pembangunan infrastruktur dan kebijakan yang memudahkan perizinan pembangunan smelter.

“Pemerintah juga jangan hanya menyuruh pengusaha pertambangan mineral bangun smelter di dalam negeri. kerjakan juga tugasnya untuk menyediakan infrastruktur dan kebijakan lainnya. Selama ini pengusaha membangun infrastruktur sendiri, belum lagi proses AMDAL [Analisis Mengenai Dampak Lingkungan] yang biasanya membutuhkan waktu bertahun-tahun,” jelasnya.

Natsir Mansyur, Wakil Ketua Umum Kadin bidang Industri, Perdagangan dan Logistik mengatakan 30 perusahaan yang ingin membangun smelter itu telah dilaksanakan sejak pertengahan 2012. Saat ini, telah ada beberapa smelter yang siap berproduksi, namun ada juga yang masih dalam tahap penyelesaian perizinan.

Tinggalkan komentar

Filed under Mineral

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s