EKSPANSI PT TIMAH: Bentuk 2 Anak Usaha Untuk Berkiprah Di Myanmar

Blog 35

Lili Sunardi | Jum’at, 15 Februari 2013 | 18:16 WIB
Bisnis.com | JAKARTA – PT Timah (Persero) Tbk akan langsung membentuk  dua  anak usaha untuk melaksanakan ekspansinya di Myanmar.  Kedua  anak usaha tersebut nantinya akan bergerak di sektor pertambangan dan pengolahan pemurnian hasil pertambangan

Direktur Utama Timah Sukrisno mengatakan pembentukan dua  anak usaha tersebut dikarenakan Pemerintah Myanmar mewajibkan pemisahan antara sektor hulu dan hilir. Karenanya, Timah akan langsung membentuk 2 anak usaha agar langsung beroperasi secara maksimal.

“Kedua perusahaan itu akan dibentuk dengan mekanisme PMA [penanaman modal asing]. Sekarang sedang diurus izin untuk dua  perusahaan itu, jadi ada perusahaan untuk pertambangannya dan ada perusahaan khusus untuk smelternya,” katanya di Kantor PLN Pusat, Jakarta, Jumat (15/2).

Sukrisno mengungkapkan saat ini Pemerintah Myanmar telah memberikan izin prinsip eksplorasi untuk 10.000 hektare (ha). Eksplorasi tersebut diproyeksikan akan selesai dalam waktu 1 tahun, sehingga dapat langsung melakukan eksploitasi.

Terkait cadangan timah di Myanmar, Sukrisno menyebutkan pihaknya telah mengetahui cadangan timah di negara tersebut. Pasalnya, Myanmar masih berada di dalam jalur pertambangan yang telah dipetakan perseroan.

“Karena wilayah di Myanmar masuk dalam jalur pertambangan di Bangka Belitung, makanya kami sudah mengetahui posisi mana yang ada timahnya. Koordinatnya sudah ada dan kebetulan koordinat itu langsung disetujui oleh Pemerintah Myanmar,” ungkapnya.

Sebagai tahap awal, Timah akan mengalokasikan dana sebesar US$18 juta untuk membentuk anak usaha di sektor pertambangan. Setelah itu, perseroan akan mulai melakukan pembangunan smelter dengan memperhatikan ketersediaan listrik di wilayah itu.

Saat ini, Pemerintah Myanmar telah menyetujui 13 dari 15 persyaratan yang diperlukan agar perusahaan pelat merah itu dapat berekspansi. “Yang kurang itu izin definitif dan kami tinggal membayar komitmen agar izin itu keluar. Kemudian kami dapat langsung melakukan eksplorasi,” jelasnya.

About these ads

Tinggalkan komentar

Filed under Mineral

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s